5 Makanan Ini, Dapat Meredakan Lelah Berlebihan

5 Makanan Ini, Dapat Meredakan Lelah Berlebihan – Lelah adalah salah satu kondisi yang menggambarkan bahwa seorang tidak bisa melakukan aktivitas di karenakan kekurangan mineral atau vitamin dan energi. Biasanya kelelahan ini bisa disebabkan melalui makanan yang kurang terpenuhi maupun minuman berakohol, mengandung kafein serta juga kekurangan waktu tidur.

Untitled

Bukan hanya itu, kelelahan juga ini bisa disebabkan karena kekurangan olahraga dan juga pola makan yang tidak sehat.  Secara umumnya, gejala yang akan di timbulkan kelelahan ini adalah letih berlebihan, terutamanya aktifitas fisik maupun mental. Adapun beberapa tanda lainya seperti  kram, nyeri otot, tidak semangat, kurang berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, mudah emosi, kehilangan nafsu makan, murung dan kekurangan energi.

Salah satu cara untuk mengatasi kelelahan tersebut adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat komplek, vitamin dan mineral yang baik. Tetapi ada beberapa makanan yang kami lansir dari beberapa situs, dapat meredakan lelah berlebihan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Buah pisang

Buah pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh  untuk mengubah gula menjadi energi. Bukan hanya itu, buah pisang juga mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh seperti vitamin B, vitamin C, asam lemak oemga-3, asam lemak omega – 6, serat dan karbohidrat.

Dengan adanya deretan kandungan tersebut akan sangat membantu untuk menghilangkan kelelahan, dehidrasi, dan juga gejala kelelahan lainnya.  Dengan demikian, sangat di sarankan untuk mengkonsumsi buah pisang 1-2 buah pisanga setiap harinya baik di konsumsi secara langsung maupun bentuk olahan yang baik.

  1. Teh hijau

Teh hijau juga merupakan cara untuk menghilangkan kelelahan berlebihan, bukan hanya itu dengan mengkonsumsi teh hijau juga akan sangat membantu untuk menghilangkan stres berlebihan dan juga depresi yang disebabkan beberapa faktor. Teh hijau ini mengandung polifenol yang akan membantu mengurangi stres, meningkatkan energi dan meningkatkan konsentrasi otak. Selain itu, teh hijau juga sudah terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan juga mencegah kelelahan.

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau, anda cukup meneduhan satu sendok serbuk daun teh hijau dalam segelas cangkir air panas, lalu mendiamkan selama 5-10 menit. Lakukan penyaringan lalu tambahkan madu serta konsumsi secara teratur atau 3 kali sehari.

  1. Biji Labu

Biji labu adalah salah satu makanan cemilan yang sudah di olah yang dapat juga digunakan untuk menghilangkan rasa lelah atau letih. Hal ini dikarenakan biji labu ini memiliki kandungan yang sangat tinggi seperti protein, omega – 3, vitamin B1, B2, B5 dan B6 serta juga memiliki kandungan mineral seperti mangan, magnesium, fosfor, besi dan tembaga.  Dengan adanya berbagai macam nutrisi yang ada di dalam dapat bermanfaat juga untuk meningkatkan sistem imun, meningkatkan energi, dan juga melawan gejala kelelahan. Selain itu, kandungan tripofan yang ada didalam kandungan biji dapat juga membantu mengurangi tingkat emosi dan juga dapat membantu agar tidur dengan baik.

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah minuman yang memiliki kandungan yang sangat tinggi diandingkan dengan minuman lainnya kandungan itu seperti protein, karbohidrat dan probiotik yang akan membantu untuk menghilangkan kelelahan dalam tubuh. Selain itu, minuman ini juga memiliki peranan yang sangat penting juga bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan energi, melancarkan pencernaan dan metabolisme.

  1. Buah semangka

Buah semangka memang sangat di percaya dan telah terbukti mampu melawan kelelahan. Hal ini dikarenakan buah semangka memiliki kandungan air dan elektrolit yang akan melindungi rasa dehidrasi, sehingga akan menghindari dari rasa kelelahan tersebut. Selain itu, buah semangka  juga mengandung nutrsi lainnya yang akan membasmi rasa lelah seperti kalium, vitamin C, likopen, beta-karoten, dan zat besi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah semangka secara teratur baik di konsumsi lansung maupun di berbagai olahan lainnya.

Baca Juga : 6 Makanan Kuliner Bakmi Jogya Yang Melegendaris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Serasi © 2017 Frontier Theme